Pondok Modern Al-Barokah Ngepung Patianrowo Nganjuk

Setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk putra/putrinya, apa lagi dalam hal pendidikan, tentunya hal itu tidak bisa ditawar-tawar lagi, Pendidikan yang Terbaik adalah Harga Mati.

Sebagai seorang muslim, tentunya yang dimaksud dengan pendidikan terbaik adalah pendidikan yang dapat mengantarkan putra/putri didik menuju putra/putri yang sholeh/sholehah, yang menjadikan anak menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtua khususnya, yang mendidik anak agar memiliki budi pekerti yang baik, akhlak yang mulia, dan tentunya beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Tidak lain, pendidikan untuk anak tumpuannya adalah Lembaga Pendidikan atau Sekolah. Ketika kita salah dalam memilih sebuah sekolah untuk putra/putri kita, akibatnya adalah sebuah kesalahan dalam memilihkan masa depan untuk mereka. Karena setiap sekolah, setiap lembaga pendidikan, memiliki ciri dan kekhasan masing-masing.

Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang sering kali dipandang sebelah mata oleh sekelompok masyarakat. Padahal, ibarat sebuah restoran, Pondok Pesantren menawarkan paket pendidikan lengkap untuk putra/putri kita. Salah satu contoh, Pondok Pesantren Modern Al-Barokah atau yang lebih dikenal dengan Pondok Modern Al-Barokah dengan sistem KMInya, yang bertempat di dusun Sukonilo, desa Ngepung, kecamatan Patianrowo, kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia.(± 12 km sebelah barat daya kota Kertosono Nganjuk).

Di Pondok Modern Al-Barokah Ngepung Patianrowo, putra/putri anda akan dididik dan dibina selama 24jam sehari, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, bahkan sampai sampai bangun tidur lagi. Ada sebuah slogan yang tertanam dalam jiwa para penddiknya, yaitu “Pondok tidak pernah tidur.” Sangat kontras dengan sistem non pesantren, yang mana 90% perhatian sekolah kepada siswa/siswi adalah pada sisi intelegensi (pengajaran) saja, dan hampir tidak menyentuh pada sisi spiritual (lebih didapatkan dari pendidikan bukan pengajaran).

Untuk itu, sebuah keputusan yang tepat apabila orangtua memilih pesantren khususnya Pondok Modern Al-Barokah untuk putra/putrinya dididik dan dibina, disamping karena nilai pendidikan yang dikedepankan di dalamnya, Pondok Modern Al-Barokah memiliki beberapa spesifikasi, di antaranya:

1. Bahasa Arab dan Inggris aktif setiap hari

2. Pesantren berbasis agrobis dan perikanan

3. Sistem KMI Gontor

Karena menggunakan sistem KMI Gontor, maka jenjang pendidikan di Pondok Modern Al-Barokah ada 2 (dua) macam, yaitu:

1. Kelas biasa, 6 (enam) tahun, bagi lulusan SD/MI

artinya santri/wati akan menempuh jenjang kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, dan kelas 6.

2. Kelas intensif, 4 (empat) tahun, bagi lulusan SMP/MTs

artinya santri/wati akan menempuh jenjang kelas 1 intensif, kelas 3 intensif, kelas 5, dan kelas 6. Di kelas intensif ini tidak ada kelas 2 intensif dan kelas 4 intensif, karena kelas 1 intensif berarti jenjang kelas 1 dan 2 biasa ditempuh dalam waktu 1 tahun di kelas 1 intensif, begitu juga kelas 3 dan 4 biasa ditempuh dalam waktu 1 tahun di kelas 3 intensif.

Pembiayaannya pun tidak mahal, pada tahun pelajaran 2014/2015 iuran bulanannya adalah Rp. 550.000,- dengan perincian sebagai berikut:

1. SPP sekolah & Pondok                 sebesar Rp. 150.000,-

2. Iuran Makan                                  sebesar Rp. 400.000,- +

TOTAL                                                          Rp. 550.000,-

Biaya pendaftarannya Rp. 2.300.000,- (dua juta tiga ratus ribu rupiah), perinciannya:

1. Uang pangkal pendaftaran               sebesar Rp. 1.000.000,-

2. Uang pemeliharaan gedung              sebesar Rp.    600.000,-

3. Uang organisasi dan kegiatan           sebesar Rp.    200.000,-

4. Uang iuran kertas 1 tahun                sebesar Rp.    250.000,-

5. Uang iuran kesehatan 1 tahun          sebesar Rp.    250.000,- +

TOTAL                                                          Rp. 2.300,000,-

Pembayaran-pembayaran di atas, bisa dilakukan langsung di kantor Administrasi pondok, atau ditransfer ke rekening BRI Cabang Patianrowo dengan nomor 6414-01-002695-53-3 atas nama LPPMA KMI Pondok Al-Barokah

Adapun syarat-syarat pendaftarannya adalah sebagai berikut:

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Menyerahkan fotokopi STTB/STK & SKHUN SD/MI atau SMP/MTs yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar

3. Menyerahkan fotokopi NISN

4. Menyerahkan fotokopi akta kelahiran sebanyak 2 lembar

5. Menyerahkan fotokopi KK dan KTP Orangtua masing-masing sebanyak 2 lembar

6. Membayar administrasi pendaftaran.


Tinggalkan komentar